Total Pageviews

Search This Blog

Wednesday, October 11, 2017

RPP K13 Model TGT Matematika SMP

Selamat Datang di blog Seputar Matematika,
Kali ini saya akan memposting contoh RPP K13 dengan penerapan model Pembelajaran TGT,

Semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca.



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


                          Satuan Pendidikan   : SMP
                          Mata Pelajaran         : Matematika
                          Topik                        : Metode Substitusi dan Metode Eliminasi
                          Pertemuan                : Ke-I
                          Kelas/ Semester       : VIII/ 2
                          Waktu                       : 2 x 40 Menit (1 pertemuan)

A.   Kompetensi Inti SMP Kelas VIII
       1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
       2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
       3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
       4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar
1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
3.        Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
          1.      Aktif bertanya selama proses pembelajaran.
          2.      Bertanggung jawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas.
          3.      Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.                   Diberikan suatu soal penjumlahan bentuk aljabar, siswa mampu melakukan operasi hitung                penjumlahan dengan benar.
E.Materi Pembelajaran
Penjumlahan bentuk aljabar.
F.     Strategi Pembelajaran
Model pembelajaran         : Pembelajaran Kooperatif  Tipe TGT (Teams
                                            Games  Tournament)
Metode Pembelajaran      : Diskusi, presentasi, tanya jawab, pemberian tugas.
G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Ø  Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.        Guru membuka pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin di capai.
2.        Guru memberikan motivasi kepada siswa.
3.        Guru memberikan apersepsi mengenai materi yang akan di ajarkan.
4.        Guru menyampaikan alur pembelajaran kepada siswa.
5.        Guru membagi siswa secara heterogen kedalam kelompok-kelompok asal yang telah ditentukan (5 – 6 orang)
10 Menit
Inti
a.       Tahap penyajian materi/ presentasi kelas
6.        Guru memperkenalkan materi yang akan dibahas kepada siswa.
7.        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yag belum dipahami.
b.      Tahap kegiatan kelompok
8.        Guru membagikan LKS kepada masing-masing kelompok dan masing-masing anggota kelompok mencermati LKS dengan baik.
9.       Guru memberikan penjelasan singkat tentang cara mngerjakan LKS kepada siswa.
10.    Guru mempersilahkan siswa mengerjakan LKS dengan berdiskusi bersama teman kelompoknya.
11.    Guru mengontrol siswa mengerjakan LKSdan memberikan bantuan yang bersifat mengarahkan kepada kelompok yang mengalami kesulitan.
55 Menit
Penutup
12.  Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
5
Ø  Pertemuan kedua
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.        Guru membuka pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin di capai.
2.        Guru mengingatkan kembali tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
3.        Guru menyampaikan alur pembelajaran kepada siswa.
4.        Guru membagi siswa secara heterogen ke dalam kelompok-kelompok asal yang telah ditentukan (5 – 6 orang)
10 Menit
Inti
c.      Tahap permainan
5.      Guru mengarahkan siswa dari kelompok asal untuk masuk ke meja turnamen berdasarkan nama-nama yang ada pada meja turnamen tersebut.
6.      Guru memberikan arahan kepada siswa tentang tata cara turnamen dan mengingatkan siswa bahwa kemampuan dan keseriusan tiap anggota kelompok akan mempengaruhi keberhasilan tiap kelompok
d.      Tahap turnamen akademik
7.      Guru memantau pertandingan/ turnamen yang berlangsung.
8.      Setelah selesai turnamen, guru mempersilahkan setiap peserta kembali kekelompoknya dan menjumlahkan poin yang mereka dapat pada meja turnamen.
e.       Tahap penghargaan kelompok
9.      Guru membahas hasil poin yang diperoleh siswa dan menuliskanya di papan tulis.
10.  Guru memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok asal.
75 Menit
Penutup
11.  Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
12.  Guru bersama siswa merefleksi pengetahuan yang diperoleh selama proses pembelajaran.
13.  Guru memberikan tugas rumah.
14.  Guru menutup pembelajaran.
10 menit
H.    Media/ Alat/ Sumber Belajar    : 1. Lembar Penilaian
                                      2. Lembar Kerja Siswa
                                      3. Buku Guru Kelas VIII SMP
I.       Penilaian                                     : 1. Tes Tertulis

  2. Kartu Soal

No comments:

Post a Comment